Batman Begins - Help Select masalah masalah yang sering terjadi pada laptop/notebook ~ DANK BISA

Thursday, 18 September 2014

masalah masalah yang sering terjadi pada laptop/notebook


   
Laptop / PC adalah barang yang wajib dimiliki oleh pelajar/mahasiswa.  ini menjadi suatu keharusan ketika seorang mahasiswa hendak mengerjakan tugas- tugas kuliah. laptop juga memberikan media hiburan / games. tapi bagaimana perasaan kita jikalau laptop pas dinyalakan tidak hidup/blank dan masih banyak lagi masalah lainnya yang menimpa laptop / pc kita.

pertama -tama hal yang harus dilakukan adalah calm down, dan analisa masalahnya, apa gejalanya dan tentukan solusinya.

berikut adalah masalah -masalah yang sering terjadi pada laptop :

1. Lcd blank/mati
solusi: test port vga pada laptop ke vga monitor lcd komputer. jika ada tampilan pada lcd komputer berarti lcd laptop minta ganti/kabel flexibel kendor/kurang pas.

lakukan bongkar laptop dan bersihkan seluruh komponen dengan koas, berikan pasta pada prosesor dan pastikan fan prosesor berjalan normal. cabut prosesor dan pasang kembali prosesor dengan benar. nyalakan laptop dan .... laptop pun hidup lagi. jika masih belum hidup berarti ada masalah pada teken/komponen yang lain. dan itu harus cek ke tukang servis yang ahli dan dapat dipercaya.

2. Keyboard ada yang eror, salah satu tombol nya mati/tidak aktif.

 untuk masalah keyboard laptop/notebook yang bermasalah sangat kecil kemungkinan untuk diperbaiki, tapi coba dengan lepas tut /tombol keyboard yang eror pake gunting/cutter kemudian bersihkan dan pasang kembali, jika masih eror maka seluruh keyboard harus diganti satu set dengan yang baru. harga satu set keyboard atau laptop sekitar 250.000 saja.

3. Laptop tidak bisa membaca hardisk, hanya ada tampilan bios/dos
(hardisk di pc/notebook lain kebaca)

hal ini disebabkan oleh bios yang corrupt, harus diservis chip bios nya. jika masih tidak bisa membaca hardisk maka coba flash ulang biosnya.

4. Laptop lemot
masalah lemot harus dicek kondisi hardware dan software, jika hardware laptop kita masih bagus maka system os yang harus di reinstal/scan, jika masih lemot harus upgrade ke tingkat yang lebih tinggi, ex: tambah ram dari 1 menjadi 2 gb. baca juga penyebab laptop lemot disini click




sekian dulu tips trouble shooting hari ini. see next ..




Reactions:

Comment Using Facebook